Unordered List

6/recent/ticker-posts

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Laksanakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pencocokan dan Penelitian (Coklit)

 

TANAH BUMBU, kontak24jam.Net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serta Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Rakoor yang merupakan tahapan dari pemilu ini dibuka langsung Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi, didampingi para komisioner, serta dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Tanah Bumbu.

Saat membuka acara, Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para PPK serta Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang telah bekerja dalam menyukseskan Pilkada 2024.

“Terima kasih kepada rekan-rekan PPK dan juga Pantarlih yang telah berjuang di lapangan untuk tahapan coklit,” ujar Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi.

Puryadi mengatakan untuk coklit di Tanah Bumbu sudah mencapai 99,97 persen dengan jumlah data 242.838 dari DP4. Atau 784 yang belum tercoklit dari total keseluruhan data sebanyak 243.622.

“Dari data itu ada 784 data yang belum tercoklit, dengan kendala ada yang tidak bisa ditemui saat petugas pantarlih melakukan coklit. Dan ini akan kembali kami datangi untuk dilakukan coklit,” tutur Puryadi.

Puryadi menyampaikan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kecamatan Simpang Empat yang belum rampung.

“11 kecamatan sudah 100 persen rampung, 1 kecamatan yakni Simpang Empat yang belum selesai. Insya Allah dalam dua hari ke depan akan rampung dari 9 hari batas waktu akhir coklit,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tanah Bumbu, M Sakra Efendi, menambahkan pencocokan dan penelitian atau coklit penyusunan daftar pemilih ini merupakan tugas berat dan sangat krusial, karena hal penting untuk menentukan data pemilihnya nanti.

“Penting karena, misalnya ada sebagian pemilih yang sudah meninggal dunia dan itu harus kita keluarkan dari data pemilih. Coklit ini harus benar-benar kita dilaksanakan dengan teliti,” pungkasnya.(her)

Posting Komentar

0 Komentar